Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Tips Menyantap Hot Pot Agar Rasanya Lebih Nikmat

List Artikel
15 Januari 2024 | 0 Komentar

Siapa di antara Teman Kuliner yang suka menyantap hot pot? Hot pot adalah kuliner asal Tiongkok yang sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Kuliner ini diduga sudah ada sejak 1000 tahun yang lalu dan selalu disantap saat musim dingin untuk menghangatkan badan. Di Indonesia sendiri, hot pot kerap kali disantap saat musim hujan atau sebagai menu makan malam karena disantapnya dalam keadaan masih hangat. Hot pot dibuat dari bahan dasar aneka sayur-sayuran dan daging yang nantinya akan direbus dalam panci yang sudah diisi dengan kaldu mendidih. 


Kebanyakan restoran hot pot menerapkan konsep all you can eat dan buffet sehingga kita bisa lebih leluasa saat menyantapnya. Tapi ingat nih Teman Kuliner, saat menyantap hot pot sebenarnya tidak boleh asal. Mengapa demikian? Hot pot memiliki metode memasak sendiri yang diterapkan pada pelanggannya. Terkadang ada yang tidak merasa puas saat menyantap hot pot karena tidak tepat memasaknya. Di bawah ini ada beberapa tips menyantap hot pot agar rasanya jadi lebih nikmat, simak ya!



Sumber:  Pergikuliner.com


Masak Bahan yang Lama Matangnya

Tips yang pertama adalah memasak bahan-bahan yang lama matangnya terlebih dahulu. Ini sangatlah penting untuk dilakukan karena jika Teman Kuliner mencampur semua bahan, baik itu yang mudah matang dan yang lama matangnya, maka nanti bahan yang mudah matang akan menjadi lembek atau kematangan saat dikonsumsi. Jadi penting untuk mengetahui bahan apa yang lama dan cepat matangnya. Untuk sayuran seperti lobak, jantung, dan kentang akan lebih cepat matang sehingga harus dimasukkan dulu. Baru setelahnya, masukkan kubis, sawi, hingga slice beef secara bersamaan karena bahan-bahan tersebut cepat matangnya.

 

Masak Bahan Sedikit Demi Sedikit

Tips yang kedua adalah masak bahan sedikit demi sedikit. Hindari memasukkan semua bahan-bahan menjadi satu sekaligus. Cobalah bagi menjadi tiga sesi untuk memasukkan bahan-bahan ke dalam kuah kaldu. Pasalnya jika semuanya dimasukkan sekaligus, Teman Kuliner akan terburu-buru saat menyantapnya supaya nanti bahan-bahan tidak kematangan. Jadi lebih baik jika dimasukkan sedikit demi sedikit sehingga Teman Kuliner bisa makan dengan santai dan tenang tanpa perlu terburu-buru.



Sumber:  Pergikuliner.com


Hindari Kebanyakan Menyeruput Kuah dan Atur Kecepatan Makan

Tips yang satu ini sebaiknya perlu Teman Kuliner ketahui ketika makan hot pot. Jadi sebaiknya hindari menyantap hot pot dengan terburu-buru apalagi dengan menyeruput kuah kaldi banyak-banyak. Menyantap hot pot terburu-buru bisa membuat kegiatan makan menjadi kurang lezat. Sedangkan jika kebanyakan menyeruput kuah kaldu akan membuat perut Teman Kuliner cepat kembung dan kekenyangan. Jika sudah kembung dengan kuah kaldu, maka Teman Kuliner tidak akan bisa menikmati santapan hot pot dengan lebih nikmat. Sebaiknya makan pelan-pelan sambil mengobrol dengan teman atau keluarga karena di negara asalnya, hot pot ini cocoknya disantap beramai-ramai sambil mengobrol.


Hindari Mencampur Kaldu

Tips yang terakhir adalah hindari menyantap hot pot dengan mencampur kaldunya. Ini seringkali terjadi saat ada dua jenis kaldu yang dipesan. Biasanya akan ada kaldu tak pedas dan kaldu yang pedas. Jadi saat Teman Kuliner sudah mencelupkan daging atau merebus sayuran di kuah kaldu tak pedas, hindari mencelupkannya di kuah kaldu pedas karena nanti bisa merusak rasa dari kuah kaldu tersebut. Jadi kalau bahan sudah dicelupkan di ke kuah kaldu pedas, maka jangan dicelupkan lagi ke kuah kaldu biasa, begitu juga sebaliknya.

 

Bagaimana Teman Kuliner mengenai beberapa tips menyantap hot pot yang ada di atas? Semoga dengan adanya tips-tips yang ada di atas, Teman Kuliner bisa menyantap hot pot dengan lebih puas lagi. Selamat mencoba dan menerapkan cara-caranya ya!

The Social Pot

Foto The Social Pot
Foto The Social Pot
Foto The Social Pot

Little Sheep Shabu - Shabu

Foto Little Sheep Shabu - Shabu
Foto Little Sheep Shabu - Shabu
Foto Little Sheep Shabu - Shabu

Bijin Nabe

Foto Bijin Nabe
Foto Bijin Nabe
Foto Bijin Nabe

Chong Qing Hot Pot

Foto Chong Qing Hot Pot
Foto Chong Qing Hot Pot
Foto Chong Qing Hot Pot

Haidilao Hot Pot

Foto Haidilao Hot Pot
Foto Haidilao Hot Pot
Foto Haidilao Hot Pot

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?