Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Cara Mudah Simpan Kurma yang Benar agar Rasanya Tetap Enak

List Artikel
14 April 2023 | 0 Komentar

Di bulan Ramadan, ada tiga buah yang sering disebut sebagai buah musiman yakni blewah, timun suri, dan kurma. Ketiga buah ini sangat populer untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa, terutama kurma. Dalam ajaran Islam, buah kurma disarankan sebagai menu berbuka puasa oleh Nabi Muhammad SAW. Buah kurma memiliki tekstur yang kenyal dan lembut dengan rasa yang manis dan legit. Tak hanya rasanya yang enak, buah kurma juga menyimpan banyak nutrisi di dalamnya sehingga bagus sekali untuk dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Menjadi buah yang difavoritkan untuk berbuka puasa, pastinya ada banyak orang yang menyetok kurma selama bulan Ramadan. Perlu diketahui kalau buah ini ternyata harus disimpan dengan baik. Jika tidak disimpan dengan baik, maka buah kurma akan mudah basi dan berjamur sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Untuk cara mudah simpan kurma yang benar, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, yaitu: 

 


Sumber: kompas.com


Simpan dalam Wadah Tertutup Rapat

Cara mudah simpan kurma yang pertama adalah menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat atau wadah kedap udara. Kurma yang diletakkan dalam wadah yang tertutup rapat bisa mencegahnya dari bakteri atau jamur yang berkembang karena bersentuhan dengan udara. Jika tidak memiliki wadah yang tertutup rapat, kamu juga bisa menyimpannya ke dalam wadah plastik yang diikat dengan menggunakan karet.

 

Jauhkan dari Sinar Matahari

Cara lainnya untuk menyimpan kurma yang benar adalah dengan menjauhkannya dari paparan sinar matahari langsung, seperti disimpan di bawah jendela atau tempat yang lokasinya dekat dengan sinar matahari. Meski disimpan dalam wadah kedap udara, kurma yang terpapar sinar matahari langsung akan lebih cepat mengalami proses pembusukan. Selain menghindari tempat yang terpapar sinar matahari, kamu juga harus mengindari tempat-tempat yang lembap supaya kurma tidak rentan berjamur.

 

Simpan dalam Kulkas

Jika ingin menyimpan kurma yang lebih awet lagi, kamu bisa menyimpannya di dalam kulkas. Dengan menyimpannya di kulkas, maka bakteri dan jamur tidak bisa berkembang biak dengan baik di dalam kurma sehingga buah ini menjadi lebih awet. Meski disimpan di dalam kulkas, kamu tetap harus meletakkan kurma di dalam wadah yang tertutup rapat. Pasalnya, kurma yang dibiarkan terbuka begitu saja di dalam kulkas bisa berubah aroma dan rasanya karena sudah bercampur dengan bahan makanan lainnya. Jika disimpan di kulkas, kurma bisa awet hingga berminggu-minggu lebih. Sedangkan jika disimpan di freezer, kurma bahkan bisa awet hingga berbulan-bulan lebih.

 

Tambahkan Madu Murni

Cara mudah simpan kurma yang terakhir adalah dengan menambahkan madu murni. Cara ini memang jarang dilakukan jika dibandingkan cara-cara lainnya yang ada di atas. Madu murni dikenal sebagai bahan pengawet alami yang bisa mengawetkan makanan hingga awet berbulan-bulan lamanya. Kamu bisa membalurkan kurma dengan madu murni lalu menyimpannya ke dalam wadah kedap udara sebelum disimpan di dalam kulkas atau freezer. Ingat ya, madu yang digunakan haruslah madu murni. Jika tidak menggunakan madu murni maka kurma justru lebih mudah busuk karena adanya bahan campuran lain di dalam madu tak murni tersebut.

 

Setelah melihat cara mudah simpan kurma yang ada di atas, manakah cara yang ingin kamu coba praktekkan nanti? Nah, kalau kamu lagi kepingin makan yang manis-manis, berikut ini adalah rekomendasi kue dan dessert lezat yang bisa kamu cicip!

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Boens Soes

Foto Boens Soes
Foto Boens Soes
Foto Boens Soes

Cake Garden

Foto Cake Garden
Foto Cake Garden
Foto Cake Garden

Eggcetera Cafe

Foto Eggcetera Cafe
Foto Eggcetera Cafe
Foto Eggcetera Cafe

BEAU Bakery

Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery
Foto BEAU Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?