Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

7 Gorengan Manis yang Pas untuk Menu Buka Puasa

List Artikel
22 Maret 2024 | 0 Komentar

Apa menu favoritmu untuk buka puasa? Menu buka puasa atau yang lebih dikenal dengan "takjil" kebanyakan memiliki rasa yang manis. Salah satu alasan mengapa makanan manis lebih disarankan sebagai menu buka puasa adalah karena makanan manis bisa dengan cepat meningkatkan gula darah dalam tubuh sehingga kita tidak merasa lemas setelah berbuka puasa. Bisa dikatakan kalau makanan manis akan menjadi sumber energi supaya kita lebih bertenaga. Kebanyakan menu buka puasa adalah gorengan. Namun gorengan tidak hanya memiliki rasa yang gurih saja, ada juga gorengan yang punya rasa manis. Dari banyaknya gorengan manis di Indonesia, ada lima yang paling sering dijadikan sebagai menu buka puasa, yaitu:

 

1. Pisang Goreng



Sumber: pergikuliner.com


Gorengan manis yang pas untuk menu buka puasa sudah pasti pisang goreng. Gorengan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki perpaduan rasa yang manis dan legit dengan sedikit rasa asam. Pisang goreng adalah pisang yang dibalut dengan adonan tepung lalu digoreng hingga renyah. Untuk jenis pisang yang digunakan bisa beragam, mulai dari pisang kepok, tanduk, uli, hingga barangan. Beda jenis pisang, maka rasa dari pisang goreng bisa berbeda.

 

2. Ubi Goreng



Sumber: kompas.com


Selain pisang goreng, ada ubi goreng yang juga sering dijadikan sebagai menu buka puasa. Ubi goreng merupakan ubi yang dipotong tipis-tipis lalu dibalur dengan adonan tepung basah dan digoreng hingga renyah. Ubi goreng memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang sangat empuk setelah matang. Biasanya, ubi yang sering digunakan untuk ubi goreng adalah ubi oranye atau kuning karena rasanya yang lebih manis dibanding ubi putih dan ubi ungu.

 

3. Tape Goreng



Sumber: grid.id


Tape goreng merupakan gorengan manis yang bisa dijumpai di pedagang gorengan kaki lima pinggir jalan. Tape goreng dibuat dari bahan dasar tape singkong yang sudah matang lalu dibentuk bulat atau kotak. Pada bagian dalamnya terdapat isian gula pasir. Setelah diisi, adonan tape akan dibalur dengan adonan tepung dan digoreng hingga matang. Berbeda dengan kebanyakan gorengan manis, tape goreng memiliki campuran rasa manis dan asam sekaligus.

 

4. Gandasturi



Sumber: kurio.network


Selanjutnya ada gandasturi yang juga bisa dijumpai di pedagang gorengan kaki lima. Gandasturi termasuk gorengan manis yang unik karena dibuat dari bahan dasar kacang hijau yang sudah direbus matang lalu dihancurkan dengan gula pasir, garam, dan santan. Setelah diaduk rata dan dibentuk bulat pipih, adonan kacang hijau akan dicelupkan ke dalam adonan tepung baru digoreng hingga matang. Teksturnya sangat lembut dengan rasa yang manis sehingga cocok untuk menu buka puasa.

 

5. Misro



Sumber: rasabunda.com


Misro adalah kuliner khas Jawa Barat yang dibuat dari bahan dasar singkong. Sebelum dicampurkan dengan bahan lainnya, singkong harus diparut terlebih dahulu baru kemudian dicampurkan dengan kelapa parut dan garam. Adonan singkong parut harus dibentuk bulat atau lonjong lalu diisi dengan gula merah baru kemudian digoreng hingga matang. Rasa dari misro cenderung manis yang bercampur dengan gurih karena ada kelapa parut di dalamnya.

 

6. Getuk Goreng



Sumber: resepkoki.id


Bagi orang-orang yang tinggal di Jawa Barat dan Jawa Tengah pastinya sering melihat gorengan manis ini. Getuk goreng  merupakan gorengan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang dikukus lalu dihaluskan, kemudian diberi campuran kelapa parut dan digoreng hingga bagian luarnya kering. Setelahnya, getuk yang sudah digoreng akan dibalur dengan adonan gula merah yang sudah dicairkan.

 

7. Gemblong



Sumber: kompas.com


Gorengan manis yang terakhir adalah gemblong. Gorengan ini merupakan jajanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Rasanya sangat manis dan gurih dengan tekstur yang agak keras pada bagian luar tapi sangat lembut pada bagian dalamnya. Cara pembuatannya mirip dengan getuk goreng. Hanya saja bahan dasarnya menggunakan campuran beras ketan putih yang telah dimasak lalu dicampur dengan kelapa parut dan santan kental. Setelah adonan diaduk rata, gemblong akan digoreng dan dilapisi dengan gula merah cair.

 

Itulah 7 gorengan manis yang pas untuk menu buka puasa. Dari ketujuhnya, manakah yang paling sering kamu santap untuk takjil? Buat kamu yang ingin mencari gorengan untuk menu buka puasa, kamu bisa mampir ke salah satu tempat di bawah ini!

Kenari Cakery

Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery
Foto Kenari Cakery

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Verina Risoles

Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles
Foto Verina Risoles

YOMS Pisang Madu & Gorengan

Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan
Foto YOMS Pisang Madu & Gorengan

Rokue Snack

Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack
Foto Rokue Snack

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?